Weekly Calendar

Gambar
My Schedule  ↓   format PDF silahkan download ↓ Template 1 Template 2 dan  3 Editor : Canva https://www.canva.com/ Canva sendiri merupakan program design yang berbasis online dengan menyediakan berbagai tools atau alat editing untuk membuat berbagai desain grafis seperti poster, flyer, infografik, banner, card invitation dan lain-lain. Semoga bermanfaat

Pentingnya Ladang Lamun sebagai Kebutuhan Duyung

#DuyungmeLamun
Apa itu ladang lamun ?


Ladang lamun  merupakan ekosistem dipesisir pantai yang mana akan  terus mengalami perubahan. Menurut Fortes (1994) in Warasti (2009)  ekosistem ladang lamun diperairan   Indonesia mengalami  kerusakakan berkisar 30-40%  yang disebabkan  oleh beberapa factor yakni pengembangan suatu wilayah, penangkapan ikan yang tidak   ramah ikan yang  menyebabkan pencemaran. Kerusakan  akan  berdampak kepada keankenaragaman dan juga perubahan luasan (zonasi).
Lamun atau secara internasional dikenal sebagai seagrass, merupakan tumbuhan tingkat tinggi dan berbunga dengan nama latin ( Angiospermae) yang sudah sepenuhnya menyesuaikan diri hidup terbenam di dalam laut yang dangkal. Kalian pasti belum dapat gambaran terhadap lamun dan tumbuhan laut yang terkenal yakni rumput laut.

Apa  yang membedakan antara kedua jenis tumbuhan laut itu ?

Yaitu beradaan bunga dan buah, yang menjadi faktor utama pembeda lamun dan rumput laut bahasa latinnya (seaweed) . Hamparan lamun yang banyak sebagai ekosistem utama pada kawasan pesisir  dikenal dengan sebutan pada lamun(seagrass bed).
Padang lamun suatu ekosistem dipesisir memiliki keanekaragaman hayati yang kaya dan menyumbang nutrisi yang sangat potensial bagi perairan disekitarnya mengingat produktivitas nya begitu tinggi
Adapun beberapa fungsi lamun :
  • 1.    Sumber utama produktivitas primer
  • 2.    Sumber makanan bagi organisme seperti teripang dan duyung
  • 3.    Sebagai ekosistem kelimpahan teripang
  • 4.    Tempat berlindungbagi biota laut
  • 5.    Tempat perkembangbiakan
  • 6.    Sumber makanan bagi biota-biota laut
  • 7.    Sebagai pengahasil Oksigen dan CO2 didasar perairan

Duyung atau yang biasa dikenal dengan (dugong dugon , Muller 1766). Sebagai mamalia laut yang herbivora. Jumlah duyung semakin hari semakin  berkurang yang diakibatkan oleh perburuan liar duyung dan diakibatkan kerusakan habitatnya diantaranya yaitu rusaknya ekosistem ladang lamun. Selain itu yang harus teman-teman ketahui bahwa perkembangan duyung yang sangat lambat dan hanya melahirkan seekor anak setiap kehamilannya, sehingga menyebabkan perkembangan populasinya akan lambat juga.
Duyung merupakan hewan laut yang herbivora lebih tepatnya pemakan tumbuhan, duyung menggunakan padang lamun sebagai habitat untuk mencari makan dengan makanan yang utamanya adalah lamun (seagrass). Kerusakan yang menimpa ladang lamun akan berdampak juga pada kehidupan dan penghidupan duyung. Khusunya dalam penyediaan makanan. Makanan utama duyung adalah lamun (seagrass) yang menurut hasil penelitihan bahwa 90% isi perut duyung terdiri dari lamun dan 10% sisanya adalah beberapa jenis algae (seaweed) (Marsh 1982).
Jenis -jenis lamun yang disenangi duyung pada umumnya :

Hewan yang herbivora hidup dilaut, duyung memiliki kebiasaan makan pada umumnya sama dengan cara makan herbivora yang ada didarat yakni dengan cara mengunyah makanannya. Kebiasaan makan yang dilakukan oleh duyung dilakukan pada malam hari. Duyung pada saat waktu makan banyak menggunakan lubang hidung serta bibirnya maupun sirip untuk menggali lumpur tempat hidup lamun dan mencabut akar lamun. Lalu lumur yang melekat akar lamun dibersihkan dengan cara menyeburkan tanaman lamun sejenak lalu ditelan.

Duyung memilki kebiasaan makan yang rakus, yang teman-teman yang harus ketahui bahwa duyung dewasa dapat menghabiskan 25-30 kg lamun basah setiap harinya. Lalu Berapa penting lamun dalam keberlangsungan populasi duyung, nah menurut MARSH (1986 a. 1986b) dapat diperkirakan populasi duyung 10.000 ekor diperairan Australia,  lalu sekitar kelompok duyung sebanyak 600 ekor berada dipadang lamun. Pada area tersebut sering mengalami kekeruhan air disebabkan oleh  pencabutan lumbur yang dilakukan oleh duyung untuk memenuhi makanan. Beberapa penelitan menunjukan jumlah duyung dengan makanan yang tersedia (lamun).






Setiap orang harus menjaga ladang lamun disekitar kita demi keberlangsungan populasi duyung, selain untuk meningkatkan populasinya ladang lamun merupakan tempat bermain individu duyung untuk berinteraksi satu dengan yang lain. Perubahan ladang lamun yakni kelimpahan lamun yang tersedia akan mempengaruhi terhadap siklus perkawinan dari duyung. Duyung bisa hidup berkisar sampai 70 tahun berdasarkan studi sejarah, belum lagi dipengaruhi kecepatan reproduksi duyung hanya bisa dalam kurung waktu 9-10 tahun untuk kedua jenis dan pada duyung betia dewasa hanya bisa mengandungantara 3 dan 7 tahun. Hubunga  antara duyung dan lamun juga dapat dikatakan simbiosis mutualisme, yakni hubungan yang saling menguntungkan antara duyung dan lamun, yang mana akan menjamin keseimbangan yang akan dibangun yaitu ekologis flora dan fauna yang berada disekitar lamun, dan yang terakhir duyung juga dapat menyuburkan ladang lamun dengan cara mengacak-acak dasar ladang lamun.

#DuyungmeLamun

Komentar

Postingan populer dari blog ini